
KURIKULUM NASIONAL INDONESIA DAN CAMBRIDGE ADVANCE
Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua
Kerangka kurikulum ini mengembangkan para peserta didik dalam keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Kurikulum telah dikembangkan bersama dengan menggunakan penilaian dalam bahasa Inggris Cambridge dan ini didasarkan pada Council of Europe’s Common European Framework of Reference for Language (CEFR), digunakan di seluruh dunia untuk memetakan kemajuan peserta didik dalam bahasa Inggris.
Matematika
Kerangka kurikulum mengeksplorasi 6 (enam) bidang yaitu : Bilangan, Aljabar, Geometri, Pengukuran, Statistika, dan Pemecahan Masalah. Kelima bidang tersebut termasuk dalam pemecahan masalah yang menyediakan struktur untuk mengaplikasikan ketrampilan matematika. Strategi operasi hitung juga bagian penting dari isi bilangan. Kurikulum berfokus pada prinsi-prinsip, pola, system, fungsi dan hubungan, sehingga peserta didik menerapkan pengetahuan Matematika mereka dan mengembangkan pemahaman dasar mengenai mata pelajaran.
Sains
Kerangka kurikulum meliputi 4 (empat) bidang yaitu penyelidikan ilmiah, biologi, kimia dan fisika. Penyelidikan ilmiah adalah tentang pertimbangan, ide-ide, evaluasi bukti, perencanaan kerja investigasi, dan merekam dan mengalaisis data. Tujuan penyeleidikan masalah adalah untuk mendukung pembelajaran Biologi, Kimia dan Fisika, yang berfokus pada pengembangan kepercayaan diri dan minat dalam ilmu pengetahuan. Kesadaran lingkungan dan beberapa sejarah Sains juga merupakan bagian dari kurikulum.
Cambridge dipetakan ke Kurikulum Nasional Indonesia
Kami telah meninjau kerangka kurikulum untuk Cambridge di samping Kurikulum Nasional. Untuk masing-masing mata pelajaran, ada ringkasan kunci-kunci persamaan dan perbedaan di antara kedua. Kurikulum dan gambaran tentang bagaimana tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan deskrip sitingkat kurikulum nasional.
Kurikulum Nasional Indonesia yang memenuhi sebagai berikut :
- Agama (Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu)
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Matematika
- Sains (Kimia, Fisika dan Biologi)
- Sosial (Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah)
- Pend. Kewarganegaraan
- Pend. Jasmani & Kesehatan
- ICT
- Seni / Budaya Sosial
Muatan lokal :
- Agama (Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu)
- Pengembangan Diri
- Mandarin dan atau Jerman
- Bahasa Inggris
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Senior High School
CAMBRIDGE ADVANCE AND INDONESIAN NATIONAL CURRICULUM
English as a second language
This curriculum framework develops learners’ speaking, listening, reading and writing skills in English. The curriculum has been developed in conjunction with Cambridge English Language Assessment and is based on the Council of Europe’s Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), used across the world to map learners’ progress in English.
Mathematics
The curriculum framework explores six content areas: number, algebra, geometry, measure, handling data and problem solving. The first five content areas are all underpinned by problem solving, which provides a structure for the application of mathematical skills. Mental strategies are also an important part of the number content. The curriculum focuses on principles, patterns, systems, functions and relationships, so that learners apply their mathematical knowledge and develop a holistic understanding of the subject.
Science
This curriculum framework covers four content areas: scientific enquiry, biology, chemistry and physics. Scientific enquiry is about considering ideas, evaluating evidence, planning investigative work, and recording and analysing data. The scientific enquiry objectives underpin biology, chemistry and physics, which are focused on developing confidence and interest in scientific knowledge. Environmental awareness and some history of science are also part of the curriculum.
Cambridge Secondary is mapped to the Indonesian National Curriculum
We have reviewed the curriculum frameworks for Cambridge Secondary alongside the National Curriculum. For each subject, there is a summary of the key similarities and differences between the two curricula and an overview of how the learning objectives relate to the National Curriculum level descriptors.
Indonesian National Curriculum requirements are met, including,
- Religion (Islam, Christian, Catholic, Buddhist and Hindu)
- Indonesian Language
- English
- Mathematics
- Sains (chemistry, biology and physics)
- Social (sociology, economy and history)
- Civics Studies
- Physical Education
- Art
- Lampung Culture
Local Content :
- Religion (Islam, Christian, Catholic, Buddhist and Hindu)
- ICT
- Character Building
- English Studies
- Mandarin and or German
Kepala Sekolah
