logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

SMP Darma Bangsa Bakti Sosial untuk SLB

Minggu tanggal 12 Oktober 2013 merupakan hari yang memberikan banyak pembelajaran kepada siswa-siswa Sekolah Darma Bangsa (SDB) khususnya kelas dua tingkat SMP. Sebanyak 31 siswa/siswi dan 6 guru SDB berkunjung ke SLB A Bina Insani Bandar Lampung yang berlokasi tidak jauh dari SDB, yaitu di Jl. Purnawirawan Gg. Cemara No.17A Gedung Meneng. SLB A Bina Insani ini memang merupakan rumah belajar bagi anak-anak yang mempunyai kekurangan di indera penglihatan.

 

Kunjungan ini merupakan kegiatan bakti sosial SMP SDB yang memberikan banyak pembelajaran dan pengalaman kepada siswanya. Menurut kepala sekolah SMP Darma Bangsa, Setiana S. Pd., tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan  menumbuhkan kesadaran akan arti hidup, rasa syukur kepada Tuhan, dan mengajarkan kepada mereka arti kesederhanaan dan berbagi terhadap sesama tanpa membedakan satu sama lain. Dengan demikian, siswa/ siswi pada akhirnya akan belajar bagaimana memaknai hidup mereka dengan baik dan mau terus berjuang tanpa banyak mengeluh, serta tetap mengedepankan positif thinking dalam segala hal. Ada tiga kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan bakti sosial ini saat itu. Kegiatan pertama adalah perkenalan dan sambutan, kegiatan inti (berbagi makanan, mengajarkan bahasa inggris, dan bernyanyi), dan kegiatan akhir adalah perpisahan. 

Tepat pukul 09.00 pagi, rombongan SDB berangkat menuju SLB. Tidak membutuhkan waktu lama untuk tiba di sekolah Bina Insani.  Kedatangan rombongan SDB disambut dengan pemandangan yang mengagumkan. Bagaimana tidak, seorang guru dengan sabar dan penuh senyum mengajarkan salah satu siswi yang kira-kira usianya baru enam tahun berjalan menggunakan tongkat pembantu. “Semenjak memasuki gerbang SLB, memang kami sudah mendapat sekelumit pelajaran dan merasa kagum dengan siswa/siswi SLB” kata Ms. Yusha salah satu guru SDB. 

Setibanya di halaman sekolah, Bapak Parjo Mulyono selaku ketua yayasan SLB A Bina Insani Bandar Lampung, menyambut kami dengan wajah berseri-seri. Begitu juga dengan rombongan SDB yang telah berkumpul di lapangan sekolah terlihat sangat antusias ingin segera memasuki salah satu kelas. Beberapa siswa SDB berjalan mendekati salah satu ruangan yang telah dipersiapkan oleh pihak sekolah. Terdengar suara merdu para siswa SLB yang sedang bernyanyi bersama diiringi musik orgen. Bpk. Parjo mempersilakan kami memasuki ruangan tersebut.  

Setelah seluruh siswa SLB dan SDB duduk rapi diatas karpet mengitari ruangan, sambutan pertama disampaikan oleh kepala Sekolah SLB A Bina Insani, Ibu Ance Handayani. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa walaupun siswa/ siswi mereka yang berjumlah tidak lebih dari 40 orang anak memiliki keterbatasan dalam melihat, tetapi hal itu tidak membuat mereka ketinggalan dalam dunia tekhnologi. Siswa/ siswi mereka tetap bisa menggunakan internet, beberapa dari mereka juga memiliki account di jejaring sosial. Selain itu, telah banyak prestasi yang mereka ukir, terbukti dengan adanya jejeran piala yang memenuhi salah satu lemari di ruangan itu. Ada prestasi dalam bidang seni seperti lomba menyanyi di tingkat nasional, lomba MTQ, dan juga dibidang olah raga yaitu lomba catur. Serta, beberapa dari mereka juga telah berhasil meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan inti dimulai pukul 09:40 WIB dengan lagu-lagu persembahan dari kedua belah pihak. Kemudian ada yang bernyanyi duet antara siswa SLB yang pernah menjuarai lomba menyanyi tingkat propinsi, Reza dengan Vicky Amanda Putri dan Audrey Nabila Firmansyah (Siswi SDB), mereka bernyanyi dengan diiringi musik orgen yang dimainkan secara piawai oleh siswa SLB bernama Ringgo.

Selanjutnya anak-anak SDB dipersilahkan berinteraksi dengan teman-teman baru mereka. Tidak disangka ternyata para siswa SDB sangat bersemangat untuk mendekati  mereka secara personal. Tugas mereka kali ini mengajarkan siswi/ siswa SLB sedikit berbahasa Inggris. Tentu saja kegiatan tersebut juga didampingi oleh para guru SDB dan SLB agar materi yang diberikan sesuai dengan kemampuan siswa-siswa SLB. Selain memberikan materi bahasa Inggris, siswa SDB juga ada yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak kehidupan teman-teman baru mereka, seperti Caesaretha Dea Friyonika, yang asik bercengkrama dengan siswi SLB bernama Widiayati, Caesa tampak terharu saat mendengar Widia menyinden dengan merdu. Siswa SDB lain yaitu Hafez Alfanro merasa kagum dengan kecepatan siswa SLB, bernama Arik yang meraba anak-anak pion diatas papan catur dan memainkan strategi untuk memenangkan permainan catur tersebut. Jelas terlihat, bagaimana siswa/ siswi SDB begitu menyadari dan antusias dengan kegiatan tersebut. “Saya merasa kagum dengan kemampuan yang mereka miliki meskipun dengan kekurangan yang mereka miliki dan saya merasa pemerintah belum sepenuhnya memberikan perhatian kepada sekolah-sekolah luar biasa yang ada di Indonesia termasuk Bina Insani” kata Daniel Adimasta salah satu siswa SDB. 

Acara yang berlangsung dua jam tersebut berjalan lancar dan benar-benar membekas di hati para siswa SDB. Sebagai bentuk kepedulian dan belajar berbagi terhadap sesama, SDB diwakilkan oleh salah satu guru pendamping, Ibu Windi Sugesti, menyerahkan kepada kepala sekolah SLB barang-barang yang telah dikumpulkan dari para siswa. Ada beberapa siswa yang juga memberikan kenang-kenangan kepada siswa SLB, ada yang memberikan jam tangannya, gelang, makanan,  dan sumbangan berupa  uang jajan. 

Sebagai kegiatan akhir, acara ditutup dengan salam-salaman oleh seluruh yang hadir sambil menyampaikan harapan kesuksesan dalam kehidupan masing-masing siswa. SDB percaya bahwa anak-anak akan cepat belajar memahami arti kehidupan jika mereka merasakan sendiri dan  melihat langsung dari lingkungan sekitar. 

By : Livana Arista & Made Shelly Nilayati

Foto Acara SMP Darma Bangsa Bakti Sosial SDB untuk SLB -> Klik Link Ini

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142