logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

OSIS Go Camp 2015

Journey to the west itulah tema yang di pilih oleh OSIS Sekolah Darma Bangsa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia untuk kegiatan berkemah pada tahun ajaran 2015-2016 ini. Kegiatan berkemah ini adalah bentuk konsistensi yang dipegang teguh oleh OSIS Sekolah Darma Bangsa. Kegiatan berkemah ini berlangsung selama dua hari satu malam. Dimulai dari hari Jumat, 9 Oktober 2015 sampai dengan Sabtu, 10 Oktober 2015 bertempat di Taman Wisata Wira Garden, Bandar Lampung, Indonesia. Ada sekitar 150 siswa/siswi SDB yang mengikuti kegiatan berkemah ini. Selain siswa/ siswi SMP dan SMA, kegiatan ini juga didampingi oleh guru dan staff sekolah.

Tujuannya agar anak mandiri namun, masih dalam pengawasan dan pendampingan guru. Secara garis besar isi dari kegiatan berkemah ada 5, yaitu pembukaan dengan ice breaking, sholat jumat berjamaah untuk siswa, guru, dan staff laki-laki, outbond, jurig malam dan api unggun. Pada hari pertama, semua siswa/ siswi dan guru berkumpul pada pukul 07.20 pagi dan berangkat pada pukul 07.30 dari Sekolah Darma Bangsa. Sesampainya di tempat (Wira Garden), semua berjalan menuju ground yang telah di tentukan. Sembari menunggu persiapan untuk tenda dan yang lainnya, salah satu guru akan memandu ice breaking untuk semua perserta. Ice breaking dilakukan untuk menyegarkan pikiran setelah perjalanan, konsentrasi pada tujuan berkemah, dan pembentukan kelompok untuk beberapa kegiatan berikutnya. Ice breaking dilakukan kurang lebih hingga mendekati waktunya sholat Jumat. Sholat Jumat dilakukan secara berjamaan di masjid dekat lokasi perkemahan. Untuk kaum perempuan yang tidak sholat membersihkan diri dan membantu guru untuk menyiapkan makan malam.

Setelah selesai sholat Jumat, kegiatan dilanjutkan dengan outbond. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Sesuai dengan temanya yaitu Journey to the west, maka setiap kelompok akan mendapatkan sebuah kertas di mana mereka harus mencari sebuah pesan-pesan yang di dapat dari melewati tantangan dari setiap pos outbond. Pesan-pesan yang harus ditemukan merupakan pesan moral yang berkaitan dengan pembentukan karakter anak. Inilah yang membuat berbeda kegiatan kemah tahun ini dengan tahun sebelumnya. Mulai dari tahun ini setiap kegiatan dalam berkemah seperti outbond dan ice breaking dikaitkan dengan pembentukan karakter atau Core Value. Ada delapan hal yang ada dalam core value, yaitu analitical & problem solving, creativity, confidence, dicipline, endurance, fairness & honesty, empathy & kindness, dan respect. Tujuannya jelas, anak dapat belajar dan membentuk karakternya tidak hanya di sekolah tetapi juga dalam kegiatan di luar sekolah.

Setelah menyelesaikan kegiatan outbond dan menemukan ke delapan core value, semua beristirahat sambil mengevaluasi atau mereview kegiatan yang baru saja dilakukan. Setelah itu, semua diharapkan untuk membersihkan diri dan bersiap untuk sholat magrib. Seusai sholat magrib, semua menikmati makan malam. Kegiatan selanjutnya adalah jurig malam. Sebelum memulai kegiatan tersebut semua mengikuti briefing singkat agar semua jelas dan tidak mendapat hambatan yang berarti. Jurig malam dilakukan mulai dari pukul 20.00 sampai dengan pukul 22.30. Setelah itu, adanya api unggun adalah tanda berakhirnya kegiatan berkemah untuk hari pertama.

Pada hari kedua, semua bangun lebih awal untuk melakukan sholat subuh berjamaah. Setelah itu, semua dapat melakukan kegiatan santai dan menikmati keindahan alam Wira Garden dengan air sungainya yang segar. Kemudian, semua mulai berkemas sembari menunggu sarapan siap untuk di santap. Setelah selesai sarapan dan berkemas, tepat pada pukul 08.30, semua menuju bis dan pulang menuju Sekolah Darma Bangsa.

Konsistensi dan core value,itulah yang ingin terus dijunjung tinggi oleh OSIS Sekolah Darma Bangsa. Karena kami yakin dengan itulah kami dapat menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

By : Made Shelly Nilayati (Teacher SMP)

Foto Kegiatan OSIS Go Camp Sekolah Darma Bangsa 2015, bisa disini!

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142