logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

SDB Home Stay 2015

Suatu kegiatan untuk mengajarkan anak secara langsung dan mengenalkan anak kepada alam, adat istiadat, dan kebudayaan itulah home stay. Seperti dengan tema yang di ambil, yaitu Exploring The Nature And Culture Of The Incridible Indonesia yang berarti menjelajah alam dan kebudayaan Indonesia yang luar biasa. Pada tahun ini Sekolah Darma Bangsa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia melakukan kegiatan home stay di Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari. Kegiatan di Kampung Naga selama dua malam dan dilanjutkan dengan trip ke kota Bandung.

Kegiatan home stay dimulai pada hari Senin sore, 6 Desember 2015. Semua siswa/ siswi kelas 8 dan kelas 11 Sekolah Darma Bangsa berkumpul untuk melakukan briefing sebelum keberangkatan pada pukul 16.00 wib. Semua peserta home stay diberi pengarahan oleh headmaster Sekolah Darma Bangsa Bapak Tri Jalmo agar selama perjalanan home stay dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Selama dua malam banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengenal dan belajar dari masyarakat Kampung Naga. Mulai dari aktifitas di sawah dengan mencangkul, menuai padi, dan menumbuk padi. Selain itu, siswa/ siswi SDB juga berkesempatan untuk membuat kerajinan tangan yang berasal dari daun kelapa serta mencicipi masakan dengan bahan dasar ubi yaitu combro dan masakan keong sawah. Selain aktifitas yang nyata, mereka juga belajar bagaimana bersikap sopan, ramah, taat sholat, dan juga peduli dengan sesama.

Hari terakhir di Kampung Naga mereka berkesempatan untuk berkeliling kampung untuk melengkapi tugas pembuatan video dari sekolah. Setelah itu, barulah kami keluarga SDB berpamitan untuk meninggalkan Kampung Naga menuju Bandung. Perjalanan menuju bandung tidaklah lama kurang lebih hanya 3-4 jam saja. Sesampainya di Bandung, anak-anak diberi kesempatan untuk menikmati dan belajar dari ramainya kota Bandung tetap dengan pengawasan guru pembimbing.

Keesokan harinya, semua bersiap-siap untuk menuju tempat wisata yang berada di Lembang. Tempat wisata yang dikunjungi merupakan tempat wisata yang memiliki cerita dan anak-anak diharapakan dapat mengambil pelajaran dari setiap tempat yang dikunjungi. Kebun Strowbery, De’Ranch, Floating Market, dan Gunung Tangkuban Perahu.

Home stay pada tahun 2015 ini memang sengaja dirancang sedemikian rupa. Tujuannya agar anak dapat merasakan bagaimana hidup sederhana bahkan dalam keterbatasan, menghargai alam dan lingkungan, kesunyian, serta gotong royong di suatu perkampungan yang kecil. Belajar bagaimana tetap menjadi jiwa yang sederhana meskipun telah memiliki nama yang luas atau terkenal. Sehingga, saat anak berada di dalam situasi yang serba berkecukupan, keramaian, dan kesenangan, anak dapat tetap bersyukur dan mengingat pelajaran kesederhanaan yang didapat dari Kampung Naga.

Home stay 2015 adalah bukti konsistensi Sekolah Darma Bangsa untuk tetap terus mengajarkan anak-anak tidak hanya saat berada dalam sebuah ruangan kelas, namun belajar langsung dari alam dan lingkungan juga penting untuk pertumbuhan jiwa dan pikiran yang luas. 

By : Made Shelly Nilayati, S.Pd. (SMP Teacher)

Foto kegiatan SDB Homestay 2015 bisa klik disini!

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142