logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Fieldtrip SMP Darma Bangsa (Jakarta - Bogor)

Sekolah Nasional Darma Bangsa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan pengajaran dan pembelajaran yang berkualitas. Penerapan konsep Pembelajaran Aktif di Sekolah Darma Bangsa sejauh ini telah memberikan hasil yang signifikan dan memuaskan. Oleh sebab itu SMP Darma Bangsa mengadakan kegiatan Field Trip yang bertemakan “ Knowledge Through Experiencing”.

Kegiatan tahunan ini diadakan dari tanggal 13 – 17 Februari  2017. Kegiatan ini melibatkan 28 siswa SMP kelas 7 ( Agena & Vega Class ) dan 4 guru pendamping ( Ms. Shelly, Mr. Arif, Ms. Liza and Mr .Roma ).

Para siswa berkumpul di Sekolah Darma Bangsa pada pukul 15.00 WIB. Mereka mendapatkan arahan berkenaan dengan kegiatan tersebut dari Ms Nana selaku kepala SMP Darma Bangsa kemudian dilanjutkan dengan berdo’a bersama. Pemberangkatan dengan menggunakan BUS pada pukul 16.30WIB.

Pada hari pertama, ketika sampai di Tanggerang, rombongan langsung bergerak menuju tempat wisata edukatif kandang Jurank Doank.  Para siswa dapat belajar dan bermain sepuasnya sambil menikmati hijaunya alam yang dikelilingi sawah-sawah yang menghampar. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan outbond seperti tangga monyet, perahu karet, menggapai tali, jembatan ranting dan flying fox. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Taman Buah Mekarsari Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Para siswa dipandu oleh guide dari team pengelola untuk lebih mengenal keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Setelah selesai melakukan kunjungan wisata, rombongan berangkat menuju penginapan. Rombongan menginap di hotel Whiz Prime Jalan Cikurai Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pada hari kedua, rombongan berangkat menuju ke Istana Kepresidenan Cipanas. Kami disambut oleh team pengelolah Istana Kepresidenan Cipanas dan diajak berkeliling istana. Team pengelolah juga menjelaskan sejarah berdirinya Istana Cipanas dan nilai sejarahnya. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Taman Bunga Nusantara Bogor.  Di Taman ini para siswa dapat mengenal-keanekaragaman jenis tanaman dan bunga- bunga yang merupakan ciri khas dari berbagai daerah-daerah tersebut. Begitu juga dengan dekorasi taman yang telah disesuaikan, sehingga dapat merasakan suasana daerah masing-masing.Kemudian rombongan menuju ke Taman Safari untuk mengikuti safari adventure ( berkeliling untuk melihat koleksi satwa dari berbagai negara ), animal show ( pertunjukan binatang ), baby zoo ( mengenal dekat bayi – bayi satwa ) dan recreation area ( wahana permainan ). Setelah selesai melakukan kunjungan wisata, rombongan langsung menuju ke penginapan. Rombongan menginap di Ibis Jakarta Tamarin Hotel.

Pada hari ketiga, rombongan SMP Darma Bangsa berangkat menuju ke Planetarium Jakarta Pusat. Para siswa mengikuti pertunjukan di sebuah gedung dengan suasana yang santai tapi sangat bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan tentang berbagai macam hal yang berhubungan dengan benda-benda di jagat raya antara lain Tata Surya, gugusan bintang dan segala macam aspeknya yang mempengaruhi kehidupan manusia di Bumi. Kemudian rombongan menuju ke museum Bank Indonesia untuk lebih mengenal keanekaragaman uang yang pernah dipakai sebagai alat transaksi di Indonesia. Adapun lokasi kunjungan terakhir kegiatan ini adalah museum wayang kota tua Jakarta. Rombongan siswa SMP Darma Bangsa dipandu oleh pengelolah museum wayang untuk menonton film wayang dan pengenalan pada aneka koleksi wayang golek, kulit dan klitik yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara.  Kemudian dilanjutkan dengan makan malam dan kembali ke kota Bandar Lampung.

Rombongan tiba di lampung pukul 05.30 WIB. Semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan anak dan menumbuhkan rasa percaya diri saat berada jauh dari lingkungannya.

Written By :  Made Shelly Nilayati, S.Pd. (SMP Teacher)

Foto Kegiatan Fieltrip SMP Jakarta - Bogor 2017 klik disini!
Video Kegiatan Fieltrip SMP Jakarta - Bogor 2017 klik disini!

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142