logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Foundation in Art/Science dengan HELP University College

Sekolah Darma Bangsa pada tanggal 26 Maret 2008 telah menandatangani Nota Kesepakatan (MoA) dengan HELP University College tentang Foundation in Art & Science di Kuala Lumpur. Kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.

HELP University Logo  Apa itu Foundation in Art/Science?. Siswa yang memasuki usia 16 atau 17 tahun sering dihadapkan terhadap dilema kesulitan dalam menentukan/memilih karir yang tepat. Banyak siswa menemui keputusan yang sulit dalam memilih karir tanpa dilengkapi dengan kemampuan cukup untuk menetapkan pilihan yang dikenalinya secara baik.

Program Foundation ini dibentuk untuk menbekali kebutuhan siswa antara lain yakni :

  • Memberikan pendidikan pra-universitas dengan kualitas baik yang menyiapkan siswa terhadap kebutuhan studi lanjutan
  • Membekali derajat fleksibilitas tertentu dimana siswa dapat memilih disiplin ilmu sejak dini
  • Mengajarkan berbagai kemampuan studi dan berpikir kritis untuk memberikan keunggulan bagi siswa dibandingkan lainnya.
  • Melengkapi kegiatan ekstra-kurikuler terbimbing untuk memastikan siswa memperolah pendidikan secara holistik.
  • Memberikan lingkungan studi yang kondusif termasuk membekali mereka dengan fasilitas terbaik.


Program ini bertujuan untuk:

  • Melengkapi siswa dengan kualifikasi yang diperlukan untuk memasuki institusi pendidikan seluasnya dalam berbagai disiplin akademik, seperti Akunting, Ekonomi, Bisinis, Hukum, Teknik, Teknologi Informasi, Sains dan pengetahuan sosial.
  • Melengkapi siswa dengan perangkat intelektual dan disiplin guna keberhasilan akademik, serta secara bersamaan membentuk kualitas kepemimpinan dan pembangunan karakter.
  • Melengkapi siswa dengan kemampuan dan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan era modern.


Manfaat Foundation bagi Siswa SDB

Siswa SDB kelas 12 yang mengikuti program ini (setelah memenuhi standar kriteria yang dipersyaratkan), apabila memutuskan ingin bersekolah di luar negeri – terutama di HELP University College dan dapat pula melalui transfer ke beberapa universitas lain yang tergabung dalam Foundation Body yang tersebar di Malaysia, Singapore, Australia, New Zealand, dan UK (termasuk istimewa, menuju US) – akan dengan mudah memilih. Biaya pendidikan dengan Foundation lebih murah tentunya bila dibandingkan tanpa melalui program tersebut.

Disamping siswa SDB tetap bisa mengikuti UAN, pilihan bersekolah ke luar negeri menjadi lebih terbuka.

Program Foundation ini mendukung kurikulum nasional, tetapi dalam muatan mata pelajaran akan ditambahkan guna memenuhi kerangka kompetensi yang dipersyaratkan. Artinya, pada saatnya nanti siswa SDB mendapatkan pendalaman materi yang memenuhi standar kompetensi internasional. Inilah salah satu bentuk SDB bertaraf internasional…. Anda setuju?

HELP UC juga menetapkan standar kriteria kualifikasi guru yang dapat mengajarkan program HELP Foundation di SDB; artinya guru-guru SDB nantinya akan memiliki sertifikat guru dengan standar HELP yang diakui secara internasional, di samping guru-guru yang juga akan didatangkan dari HELP Foundation. Sudah barang tentu, sebagian syarat yang akan dipenuhi SDB adalah menambahkan guru-guru asing di berbagai bidang studi terutama yang termasuk di dalam kurikulum baku SBI dan kurikulum Foundation. Standar kriteria guru pun tergolong ketat – jika prasyarat lulus program berbobot 60%, maka guru yang bersertifikat melalui HELP Foundation juga harus memenuhi kuota 60% dari total pengajar di kelas 12 SDB. (Wah, bias dibayangkan kalau syarat ini dipenuhi… kualitas SDB boleh dibanggakan nantinya! Ok?)

Apa Kriteria yang Dipersyaratkan?
Dalam pembahasan awal, disampaikan bahwa kriteria yang dipersyaratkan bagi siswa kelas 12 (IPA/IPS) adalah:

   1. Lulus semua mata pelajaran pokok dengan nilai minimal 8 (kurikulum nasional).
   2. Skor TOEFL 550 atau A1S 5,5
   3. Kualifikasi sederajat.

(Ini baru keterangan bersifat informal, lho!)

 
So guys, Siswa-siswi SDB …

Kamu masih punya waktu 2 semester di kelas 11 untuk mencapai nilai yang baik agar memenuhi persyaratan Foundation. Mari berharap, agar sekolah dapat menyediakan guru-guru yang dapat membantu anda mencapai impian bersekolah ke luar negeri melalui Program Foundation ini!

Don’t worry! Di gedung baru kita punya fasilitas yang sudah diakui (setidaknya dipercaya sesuai harapan mereka) HELP UC…….

Kamu-kamu yang perlu info lebih detil, bisa menghubungi miss-miss di Bagian Marketing atau boleh juga ke Guru/Wali Kelas/Kepala Sekolah, atau ke saya……. Ya?!

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142