Sekolah Menengah Pertama

Di Sekolah Menengah Pertama (SMP), kami tidak sekadar melanjutkan fondasi yang telah dibangun di Sekolah Dasar, tetapi kami juga memperkuatnya dengan membangun jembatan kokoh menuju masa depan yang penuh tantangan. Kami menyadari bahwa masa SMP adalah periode krusial dalam perkembangan siswa, di mana mereka mulai mengeksplorasi identitas diri dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitar mereka.
Oleh karena itu, kami memberikan penekanan yang kuat pada pengembangan pemikiran kritis, keterampilan pemecahan masalah yang efektif, dan kemampuan kepemimpinan yang transformatif. Siswa-siswi SMP kami didorong untuk tidak hanya menerima informasi, tetapi juga untuk mempertanyakan, menganalisis, dan menciptakan solusi inovatif terhadap berbagai permasalahan.
Mata Pelajaran
- Agama (Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu)
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Matematika
- IPA Terpadu
- IPS Terpadu
- Pend. Kewarganegaraan
- Pend. Jasmani dan Kesehatan
- Prakarya
- Budaya Lampung
Muatan Lokal :
- Agama (Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu)
- ICT
- Pengembangan Diri
- Bahasa Inggris
- Mandarin dan atau Jerman
Program Kegiatan Harian
- Hafalan kosa kata bahasa Inggris untuk kelas 7.
- Hafalan frasa/kata bahasa Inggris untuk kelas 8 dan 9.
- Pemeriksaan atribut.
Program Kegiatan Bulanan
- Bakti sosial untuk kelas 7, 8, dan 9 oleh OSIS SMP.
- Hari Batik setiap hari Jumat keempat setiap bulan.
Program Kegiatan Mingguan
- Pelatihan bahasa Inggris untuk kelas 7, 8, dan 9.
- Dukungan keagamaan untuk kelas 7, 8, dan 9.
- Pidato umum untuk kelas 7, 8, dan 9.
- Aerobik.
- Hari kebersihan setiap hari Jumat.
Program Kegiatan Tahunan
- Field Trip untuk kelas 7.
- Immersion/Edutrip untuk kelas 8.
- English Camp untuk kelas 9.
- Berkemah
Program SMP
- Parents Orientation
- Students Orientation
- Independence Day
- Edutrip
- Camping
- Workshop literasi KJL
- UN Day
- Open Class
- Fieldtrip
- English Camp
- Sports Day
- Inspiration Class




Kepala Sekolah SMP Darma Bangsa
Arif Fahrudin, M.Pd
Degree :
- S1 Institute Agama Islam Darullughoh Wadda’wah Bangil Pasuruan Jawa Timur
- S2 Pascasarjana UIN Raden intan Lampung
Experience
- Koordinator Lajnah Bahsul Masail & Seksi Pendidikan di Ponpes Dalwa Bangil Pasuruan Jawa Timur (2009 – 2010)
- Guru Agama Islam & Bahasa Arab di MTS Al Gazali Bangkalan Madura Jawa Timur (2010 – 2011)
- Islam Religion Teacher SMP and SMA Darma Bangsa (2013 – 2019)
- Winner of the Sekolah Sahabat Keluarga 2019 National Award
- Winner of the Best Participant in the National Diklat Penguatan Kepala Sekolah at LPPKSPS 2020
- Kepala Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka 2022 – 2024
FAQ.
Sebagai institusi yang mengikuti standar Nasional, SMP Darma Bangsa menerapkan Kurikulum Merdeka yang dipadukan dengan buku-buku pembelajaran dari Cambridge. Selain menekankan aspek akademik, sekolah ini juga mengedepankan pembentukan karakter dan keseimbangan antara keterampilan lunak (soft skills) dan keterampilan teknis (hard skills). SMP Darma Bangsa memiliki 12 mata pelajaran utama dan 2 mata pelajaran muatan lokal. Untuk mata pelajaran yang dipelajari adalah matematika, bahasa Indonesia, fisika, biologi, IPS, agama, PKN, PAK, bahasa Inggris, seni budaya, prakarya, dan PE. Muatan lokal yang dipelajari peserta didik adalah bahasa Jerman/English dan bahasa Lampung.
Beberapa program unggulan yang ditawarkan oleh SMP Darma Bangsa adalah pengembangan kemampuan berbahasa Inggris siswa meliputi English Camp, AIESEC, dan Daily English. Adapun program yang bertujuan meningkatkan kemandirian antara lain Field Trip, United Nation Day, Camping, dan Aerobic. Sekolah ini juga melibatkan orang tua dalam berbagai kegiatan seperti Parents Day, Parents Teaching Conference (PTC), Open Class, Open House, Inspiration Class, Coffee Morning, Graduation, Drama Musical, dan Closing Semester. Khususnya, Open Class menjadi program unggulan SMP Darma Bangsa sebagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia. Sementara itu, kegiatan Open House yang diselenggarakan dua kali setahun menjadi ajang interaktif bagi calon orang tua siswa melalui berbagai kegiatan seperti senam bersama, bazar, donor darah, serta menyaksikan eksperimen ilmiah dari para siswa
Para pengajar di SMP Darma Bangsa mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dengan cara menggunakan canva, google Classroom dan aplikasi pendukung lainnya, dalam hal ini para pengajar di SMP Darma Bangsa juga menerapkan penggunaan berbagai model, metode, strategi dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan di dalam kelas dan materi yang akan diajarkan. Metode yang sering digunakan adalah demonstrasi, PBL (Problem Based Learning), dan Pembelajaran teman sejawat.
SMP Darma Bangsa memiliki program yang bertujuan untuk membangun karakter dan kepemimpinan. Program tersebut adalah OFL dan Camping. OFL atau Outdoor Fun Learning bertujuan untuk melatih dan menumbuhkembangkan karakter, serta kepemimpinan peserta didik dengan melakukan pembelajaran di luar kelas. Berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar diharapkan menjadi karakter yang tumbuh kuat pada peserta didik. Sekolah sangat mendukung kegiatan siswa di luar jam pelajaran sekolah selama kegiatan itu positif dan membangun karakter siswa menjadi lebih baik. salah satu cara yang dilakukan oleh sekolah adalah memberikan dukungan berupa izin, surat rekomendasi jika diperlukan, dan bekerja sama dengan orangtua. Program CATCH Berbasis Tutor Sebaya. Program ini melibatkan siswa sebagai tutor bagi teman sebayanya dalam pembelajaran matematika. Melalui peran ini, siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, empati, dan kepercayaan diri, yang merupakan aspek penting dalam kemampuan interpersonal.
Penilaian Autentik dan Refleksi Diri. Sekolah menggunakan penilaian autentik yang menilai keterampilan teknis (hard skills) melalui tugas-tugas praktis dan proyek nyata. Sementara itu, soft skills seperti kerja sama, komunikasi, dan kepemimpinan dievaluasi melalui observasi, jurnal refleksi, dan penilaian teman sebaya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Program P5 dirancang untuk mengembangkan karakter dan kompetensi siswa melalui kegiatan yang relevan dengan konteks lokal. Kegiatan ini mengintegrasikan soft skills seperti kepemimpinan, empati, dan tanggung jawab sosial dengan hard skills sesuai tema proyek, seperti keterampilan teknologi informasi dalam proyek digitalisasi budaya lokal. Melalui P5, sekolah dapat menilai bagaimana siswa menerapkan kedua jenis keterampilan dalam konteks nyata. Evaluasi Berbasis Kompetensi. Sekolah menerapkan evaluasi berbasis kompetensi yang mencakup penilaian terhadap pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa. Dengan demikian, penilaian tidak hanya berfokus pada hasil akademik (hard skills) tetapi juga pada proses dan perkembangan karakter siswa (soft skills). Dibuktikan dengan adanya rapor karakter di SMP Darma Bangsa. SMP Darma Bangsa di Bandar Lampung mendukung pengembangan portofolio siswa yang mencerminkan baik hard skill maupun soft skills melalui berbagai program dan kegiatan yang terintegrasi dalam kurikulum dan aktivitas ekstrakurikuler. Portofolio ini dapat mencakup dokumen, presentasi, video, dan karya lainnya yang menunjukkan perkembangan hard skills dan soft skills siswa selama masa studi mereka. Peserta didik menyimpannya sebagai lampiran dalam tugas di google classroom.
Laporan Berkala. Sekolah secara rutin menyampaikan laporan perkembangan siswa kepada orang tua, yang mencakup aspek nilai akademik, prestasi, sikap, dan pembentukan karakter di kelas. Laporan ini disampaikan secara berkala, memungkinkan orang tua untuk memantau kemajuan dan perkembangan anak mereka secara menyeluruh. Laporan berkala dilakukan saat PTC setelah MID semester dan Final Test. Pertemuan Tatap Muka. Selain laporan tertulis, sekolah juga mengadakan pertemuan tatap muka antara guru dan orang tua, seperti rapat orang tua siswa atau sesi konsultasi individu. Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi orang tua untuk berdiskusi langsung dengan guru mengenai perkembangan akademik dan non-akademik anak mereka, serta membahas strategi bersama untuk mendukung proses belajar siswa. Pertemuan ini bisa lakukan kapan saja sesuai kebutuhan.