logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Idul Adha 1436 H Sekolah Darma Bangsa

Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari yang dirayakan tidak hanya oleh umat Islam sedang melakukan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan sukacita yang besar oleh Muslim di seluruh dunia. Pesta ini juga disebut Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji. Kegiatan Penyembelihan hewan Qurban  adalah kegiatan rutin tahunan yang sudah menjadi  tradisi, selain merupakan ibadah yang harus terus dijaga dan dilestarikan karena memiliki makna yang dalam yaitu bukan hanya meningkatkan hubungan Vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan meningkatkan hubungan horizontal dengan sesama.

Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1436 H dan untuk menumbuhkan solidaritas sosial dan kepedulian siswa-siswi Sekolah Darma Bangsa terhadap sesama. Sekolah Darma Bangsa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia melakukan kegiatan penyembelihan binatang kurban. Kegiatan kurban merupakan salah satu kegiatan rutin yang di lakukan Sekolah Nasional Darma Bangsa setiap tahun dengan mengikutsertakan seluruh karyawan, guru, siswa-siswi NTK, SD, SMP dan SMA. Sekolah Nasional Darma Bangsa, Bandar Lampung, Indonesia pada tanggal 25 September 2015 melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di lapangan sekolah. Hewan kurban yang disembelih tersebut sejumlah 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing dari sumbangan sekolah, guru, karyawan, dan siswa-siswi Sekolah Darma Bangsa.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Syiar agama, menumbuhkan Solidaritas sosial ukhwah islamiah dan mengajarkan kepada mereka arti kesederhanaan untuk berbagi terhadap sesama tanpa membedakan satu sama lain. Dengan demikian, siswa-siswi pada akhirnya akan belajar bagaimana memaknai hidup mereka dengan baik dan mau terus berjuang tanpa banyak mengeluh. Sebelum pemotongan hewan kurban, Siswa-siswi diberikan penjelasan mengenai pentingnya berkurban dan keutamaan Hari Raya Idul Adha . Guru Biologi SMP dan SMA juga menjelaskan tentang anatomi tubuh sapi dan kambing, serta tata cara penyembelihan hewan kurban kemudian siswa-siswi diberikan kesempatan untuk berceramah singkat tentang keutamaan hari raya Idul Adha.Adapun yang memberikan tausiah idul adha di tingkat SMP adalah Anugerah Bintang Pratama dan di tingkat SMA adalah Rangga.

Setelah hewan qurban disembelih, maka siswa siswi Sekolah Darma Bangsa mendistribusikan daging dan beras kepada :

  • Warga kurang mampu yang tinggal disekitar sekolah Darma Bangsa

  • Pedagang yang berjualan disekitar sekolah Darma Bangsa

  • Sekolah Tunanetra Bina Insani

  • Panti Asuhan Bussainah

  • Panti Asuhan Kemala Puji

Para siswa-siswi dari kelas Sirius, Acthurus, Centaurus, Mozart, Shakespeare dan Avicenna yang langsung berinteraksi dengan masyarakat.Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri mereka saat berada di luar lingkungan sekolah dan rumah. Selanjutnya, para siswa-siswi juga harus mampu memperlihatkan cara bekerja sama yang baik agar dapat dibagikan secara adil dan merata. Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menjaga eksistensi dari sebuah kegiatan positif yang bernafaskan keagamaan dan sosial di Sekolah Nasional Darma Bangsa, Bandar Lampung, Indonesia.

By : Mr. Robini Atmawijaya, S.Pdi

Foto acara Idul Adha 1436 H Sekolah Darma Bangsa bisa dilihat disini!

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142