logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

SDB Raih Apresiasi Sekolah Keren dari Kemendikbud

Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Darma Bangsa Bandar Lampung, Lampung, Indonesia mendapatkan pengharagaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. SMA SDB mengungguli perwakilan seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan core valuesnya (pendidikan karakter) yang didukung dengan kegiatan-kegiatan sekolah. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala SMA SDB Bandar Lampung Iwan Sutanto. Iwan menjelaskan, pengusulan program kegiatan ini telah dilakukan SMA SDB sebelumnya.

SDB mendapat undangan dari Kemendikbud pada tanggal 8-10 agustus untuk penganugerahan tersebut bersamaan dengan penghargaan kategori lain seperti orangtua hebat, film pendek dan jurnalistik. “Inikan kegiatan sekolah keren maksudnya sekolah yang telah melibatkan keluarga dan masyrakat sebagai mitra anak dalam pembelajaran. Di SDB sudah kami lakukan dengan cara pendidikan karakter melalui kegiatan akademik dan non akademik seperti homestay, fieldtrip dan kelas inspirasi,” ujar Iwan kemarin. Prosesnya memang tak diketahui peserta. Berkas yang dimaksud kemudian dikirimkan kealamat Panitia Apresiasi Sekolah Keren, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas, Kemendikbud di Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat. Kemudian, langsung terpilihnya tiga nama yang keluar untuk mendapatkan apresisasi tersebut.

Berdasarkan mekanisme penilaian yang diumumkan Kemendikbud, ada tiga mekanisme penilaian yang digunakan. Yang pertama seleksi administrasi, dimana kelengkapan berkas peserta diteliti oleh panitia. Kemudian, dilakukan penentuan nominasi dan verifikasi. Pada tahapan ini, ada kategori penilaiannya mulai dari penilaian dokumen, penetapan satuan pendidikan, dan verifikasi satuan pendidikan yang masuk. Terakhir adalah penentuan 21 peraih apresiasi sekolah keren yang diperkuat keputusan Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas, Kemendikbud. Dalam pengumumannya, ada nama Selain Sekolah Darma Bangsa, ada juga mendapat apresiasi di kategori SMA. Yaitu SMA Negeri Bali Mandara, Bali; SMA Negeri 4 Pekanbaru, Riau. Meski tak mengetahui bagaimana proses penilaian, Iwan menjelaskan selama ini siswa yang dilatih dengan metoda pembentukan karakter karena banyak faktor. Salah satunya karena anak akan lebih cerdas dalam berkehidupan dengan masyarakat, tak hanya pintar akademis. “Mereka bisa lebih berani didepan umum. Sekarang saja lulusan dari SDB ada yang sudah menjadi Presiden BEM. Pastinya karena metoda ini mereka lebih percaya diri,” sambung dia. Kedepan, guna mempertahankan penghargaan yang telah diberikan. Iwan dan SDB berjanji akan tetap konsisten menggunakan metoda serupa demi kemajuan anak.

Written By : Jurnalis Radar Lampung

Foto dokumentasi SDB Raih Apresiasi Sekolah Keren dari Kemendikbud klik disini!

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142