logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

SDB Unjuk Kebolehan di Jakarta

Seluruh siswa SMA Sekolah Darma Bangsa (SDB) mendapat undangan untuk mengikuti kompetisi dari dua sekolah di Jakarta, yaitu SMA Kolese Gonzaga yang terletak di selatan .Jakarta dan SMA Don Bosco I yang terletak di jantung kota Jakarta.

Berdasarkan rencana, jadwal liburan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri, akan diselingi oleh latihan-latihan untuk persiapan kompetisi. Namun dikarenakan banyak siswa SDB yang pergi mudik, jadwal latihan kami diundur sampai libur lebaran selesai. Ketika pertama kali masuk sekolah setelah libur lebaran , kami hanya mendapat waktu satu hari untuk latihan. Padahal kami sama sekali belum siap untuk mengikuti lomba tersebut, tapi keinginan untuk mengikuti kompetisi siswa-siswi SDB sangat besar.

Kami tidak ingin melewatkan kesempatan baik ini, karena ajang kompetisi antar sekolah yang diadakan oleh kedua sekolah ini dapat menjadi wadah kami dalam berkreasi dan bersosialisasi dengan sekolah yang lain, tidak hanya sekolah-sekolah yang ada di daerah namun juga sekolah-sekolah yang ada di ibu kota Jakarta.

Ketika di Jakarta, kami semua mulai memfokuskan pikiran kami pada kompetisi yang akan dilaksanakan. Setiap anak memiliki andil dalam kompetisi tersebut. Speech Contest diwakili oleh Sayori Rahayu dan Eldest N.A, debate competition diwakili oleh Ardhi Hiang, Muhammad Fario, dan Natalia .W, Essay Writing diwakili oleh David Suhardi dan Gardhy Lazuardy, Poetry Writing diwakili oleh Maretha Dwi, Poetry Reading diwakili oleh Rima Rachmawati dan Sherly Nindya, dan yang terakhir Drama Competition yang diwakili oleh Pascal .A.P.W, Muhammad Iqbal, Ninda Agistia, Adhiwinata Aman, Ocktaria Triranti, Faraztya Purnama Sari, Iswanda Syaiful, Uliza Nur Aini, dan Deby Ayuza. Meskipun kegiatan kami diadakan di luar sekolah terlebih lagi berada di luar provinsi, kami tetap didampingi oleh beberapa guru Sekolah Darma Bangsa, yakni Mrs.Josephine C. Boado, Ms.Idealti Ivana, Mr.Kristian Adi Putra, Mr. Geo, Mr.Raymond, Mr. Simon dan Mrs.Lidwina Halim.

Speech Contest yang diadakan pada tanggal 25 oktober dimenangkan oleh salah satu dari dua perwakilan Sekolah Darma Bangsa, Sayori Rahayu sebagai juara ketiga, yang sebelumnya pernah mengikuti kompetisi yang sama yang diadakan oleh HIMA FKIP Jurusan Bahasa Inggris menempati posisi juara ke-dua dan para English Debater kami pun harus berjiwa besar menerima kekalahan dari pemenang juara ketiga yang memiliki sedikit selisih score yang diberikan dewan juri, sedangkan Poetry Writing Competition yang juga dilaksanakan pada hari yang samapun tidak dapat dimenangkan oleh wakil kami “Para peserta kontes semuanya jago-jago…” menurut Mareta Dwi sebagai peserta Poetry Writing Competition.

Pada hari kedua kompetisi, tanggal 26 oktober, Essay Writing Competition yang diadakan oleh OSIS SMA Kolese Gonzaga dalam rangka Open House 2007 diikuti oleh 11 peserta, dua perwakilan berasal dari SDB sedangkan Sembilan diantaranya berasal dari SMA Kolese Gonzaga yang lagi-lagi kami harus berbesar hati kemenangan hanya untuk peserta dari SMA Kolese Gonzaga. Tiba waktunya hari terakhir kompetisi yang merupakan puncak acara Open House 2007 SMA Kolese Gonzaga, pada tanggal 27 oktober 2007 ini tidak hanya kompetisi saja yang diadakan tetapi juga terdapat bazar buku dan yang menarik terdapat bazar makanan nusantara dari berbagai daerah. Pada hari terakhir ini sekolah kami mengikuti Poetry Reading Competition yang diwakili oleh Rima Rachmawati dan Sherly Nindya. Peserta Drama Competition harus rela bangun pagi-pagi karena pukul 07.30 WIB seluruh peserta harus hadir di SMA Don Bosco I yang diadakan pada tanggal yang sama pula.

Perjuangan kami dalam mengikuti latihan yang hanya dilaksanakan dalam beberapa hari saja ternyata tidak sia-sia karena meski tidak dapat meraih juara pertama, tim drama kami berhasil meraih Special Award dalam kompetisi tersebut. Di akhir acara terdapat game yang diadakan, Ardhy Hiang, Sayori Rahayu, dan David Suhardi wakil kami mengikuti game tersebut, David dan Sayori mendapatkan Voucher Mentari Books masing-masing sebesar Rp100.000 karena berhasil mengikuti gaya salah seorang pemeran drama favorit dari sekolah lain yang juga menjadi peserta kompetisi yang memiliki julukan Bubble.

Dari kegiatan yang kami ikuti, kami mendapat pengalaman bahwa untuk bersaing dengan sekolah lain harus memiliki keberanian, selain itu lomba ini juga menjadi suatu kesempatan bagi kami untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Kita juga menyadari bahwa keseriusan dan kedisiplinan merupakan kunci utama menuju kesuksesan.

 

 

 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2020  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142