Jl. Z.A Pagar Alam, Bandar Lampung (0721) 700931 pr@darmabangsa.sch.id
Berita SDB

Program OFL (Outdoor Fun Learning) SMA Darma Bangsa

Pribadi intelektual dan berkarakter merupakan tujuan utama output sekolah darma bangsa melalui penerapan 8 core value yaitu analytic dan problem solvingconfidencecreativitydiscipline, empathy dan kindnessendurancefairness dan honesty serta respect. OFL (Outdoor Fun Learning) ialah program terbaru yang dilaksanakan oleh Departemen SMA Darma Bangsa sebagai salah satu upaya penanaman 8 core value yang wajib diikuti oleh seluruh siswa SMA Darma Bangsa dari tiap jenjang (Foto 1). Program ini akan rutin dilaksanakan mulai Tahun Ajaran 2019/2020 dengan menitik beratkan pembelajaran terintegrasi antar beberapa pelajaran dalam satu kali pelaksanaan. OFL dikemas dalam bentuk  Joyful Learning yang akan terus menerus dimodifikasi pada tiap pelaksanaan program dilakukan.

Pelaksanaan OFL pertama (23/7) dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Universitas Lampung. Terdapat sekitar 7 mata pelajaran yang diterapkan dalam 4 games terpisah.

Games pertama yaitu Smart Relay Race (Foto 2). Siswa dibentuk menjadi 6 tim beranggotakan 10 orang perwakilan dari tiap tim. Tiap anggota tim akan melakukan lari estafet dengan 9 post pemberhentian dimana tiap anggota tim dapat melewati post dan melanjutkan penyerahan tongkat estafet hanya jika mampu menjawab pertanyaan mata pelajaran Biologi, PKN dan Bahasa Inggris. Urutan pemenang akan menentukan nilai yang didapat untuk tiap mata pelajaran yang terlibat dan berlaku untuk seluruh anggota tim.

 

 

Foto 2. Smart Relay Games

Games kedua yaitu Dynamic Team Work (Foto 3). Terbagi menjadi dua games terpisah dengan games pertama melibatkan 6 tim dengan jumlah anggota yang sama seperti sebelumnya. Tiap tim diminta untuk membentuk rantai sepanjang mungkin dengan menggunakan seluruh atribut yang melekat di tubuh. Games ini mengasah kreatifitas, sportifitas dan kerjasama dalam mencapai tujuan bagi tiap anggota tim.

Selanjutnya tiap tim kemudian diminta untuk membentuk barisan panjang. Anggota pada barisan terdepan akan diberi kalimat singkat tertulis dan diminta meneruskan kalimat tersebut melalui gerak tubuh tanpa diperbolehkan menyebutkan kalimat yang diberikan. Anggota tim pada barisan terakhir selanjutnya diminta untuk menyebutkan kalimat secara utuh berdasarkan penerjemahan gerak tubuh yang ia terima. Games ini mengajarkan siswa tentang bagaimana miss-communication dapat terjadi dan dampaknya terhadap pembentukan opini dan kondisi yang ditimbulkan.

 

Foto 3. Pelaksanaan games Dynamic Team Work

 

Games ketiga adalah Bright Character (Foto 4). Melibatkan integrasi mata pelajaran Bahasa Indonesia, PKN dan Character Building (CB). Pada permainan ini siswa dibagi menjadi 10 kelompok besar dari lintas jenjang dan karakter. Tiap kelompok diinstruksikan untuk menampilkan mini drama yang telah disiapkan oleh tim konselor Sekolah Darma Bangsa. Tiap kelompok lain akan dipersilahkan menonton penampilan dari kelompok penampil secara bergantian dan diminta untuk menyebutkan nilai moral yang disampaikan dari tiap cerita yang diperankan oleh anggota kelompok tim yang tampil.

Foto 4. Konfirmasi oleh Konselor SMA setelah pelaksanaan games Bright Character

 

Keseluruhan penilaian dari games yang dimainkan selanjutnya di kalkulasikan oleh tim guru SMA Darma Bangsa hingga didapat nilai akhir untuk tiap tim yang ada. Program ini secara konsisten akan dilaksanakan satu hari pada tiap minggu ke empat setiap bulan dengan lokasi pelaksanaan berada di luar sekolah.

Oleh: Lia Septya