logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Outdoor Fun Learning - Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP Darma Bangsa

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak akan terpisahkan dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di sekolah. Dengan mengimplementasikan P5 kita dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang nantinya peserta didik mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang dilakukan dengan cara mengamati dan memikirkan solusi dari permasalahan yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Berdasarkan hal itu, SMP Darma Bangsa menyelenggarakan kegiatan Outdoor Fun Learning (OFL) dengan mengimplementasikan P5 di dalamnya. Outdoor Fun Learning (OFL) adalah kegiatan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dengan tujuan peserta didik belajar dengan melihat kondisi alam secara langsung. 

 

Kegiatan Outdoor Fun Learning (OFL) diselenggarakan oleh SMP Darma Bangsa pada Selasa, 22 Agustus 2023 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan di daerah Pantai Ketapang, Pesawaran Bandar Lampung. Kegiatan OFL yang dilakukan di Pantai Ketapang dilakukan berdasarkan hasil pengamatan tentang kondisi Pantai. Peserta didik melihat perlunya dilakukan penanaman pohon mangrove sebagai bentuk pelestarian hutan mangrove untuk menjaga kondisi Pantai agar tetap aman. Untuk itu, Kegiatan ini meliputi basic leadership training, pelestarian hutan mangrove dan terumbu karang, serta kegiatan fun games.

 

Kegiatan ini dimulai dengan peserta didik berkumpul di halaman SMP Darma Bangsa untuk dilakukan briefing oleh Kepala Sekolah Mr. Arif Fahrudin, M.Pd., Gr. Ini bertujuan untuk mengingatkan hal-hal penting yang harus diketahui dan diingat oleh peserta didik selama proses kegiatan OFL berlangsung. Setelah dilakukan briefing, seluruh warga SMP Darma Bangsa menaiki bus dan berangkat menuju Pantai Ketapang yang ditempuh kurang lebih 1,5 jam dari sekolah.

Sesampainya di Pantai Ketapang, semua peserta didik berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan pertama yaitu basic leadership training dan fun games. Latihan kepemimpinan dilakukan bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada calon pengurus OSIS yang baru. Kegiatan Fun games dilakukan bertujuan tidak hanya untuk mengajak siswa berpikir kritis menyelesaikan masalah sederhana melalui permainan-permainan yang seru, melainkan untuk melatih kerjasama dalam sebuah kelompok kecil.

Kegiatan selanjutnya adalah menanam pohon mangrove dan terumbu karang. Kegiatan implementasi P5 ini bertujuan untuk mendorong para peserta didik SMP Darma Bangsa untuk memiliki sifat Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Bergotong royong,Bernalar Kritis, dan Kreatif. Melestarikan hutan mangrove merupakan bentuk kesadaran diri dan rasa tanggung jawab terhadap ciptaan Tuhan. OFL juga menjunjung tinggi nilai kebersamaan atau gotong royong antar sesama peserta didik maupun dengan guru. Hal ini senada dengan nilai - nilai luhur pancasila yang mengacu pada Visi Pendidikan Indonesia yaitu Mewujudkan Indonesia maju dan berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk konsistensi SMP Darma Bangsa untuk selalu menyeimbangkan antara nilai karakter dan nilai pengetahuan peserta didik.

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142