logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Sepenting Itukah Bahasa Inggris?

Di zaman modern seperti sekarang ini, orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk bisa berbahasa Inggris sedini mungkin. Bahkan sejak lahir sudah ada yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dirumah atau sehari hari. Bahasa inggris adalah bahasa jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada abad pertengahan awal dan hingga saat ini menjadi bahasa yang sering digunakan. Bahasa Inggris pertama kali berkembang di Kerajaan Anglo-Saxon, Inggris atau yang saat ini dikenal dengan Skotlandia Tenggara. Bahasa Inggris semakin berkembang luas pada abad ke-17 dan ke-20 melalui Imperium. Hingga saat ini bahasa Inggris dinobatkan menjadi Bahasa Internasional (Wikipedia. 2021).

“Alah nggak usah sok kebarat-baratan deh” atau “apaan sih gak cinta Indonesia ngomongnya pake Bahasa Inggris terus” dan atau “ngomong tuh yang bener deh gue gak ngerti apa yang lo ngomong”, perkataan ini sering kali didengar seseorang di dalam lingkungan sehari hari, terutama bagi para pelajar. Tidakkah kalian tahu bahwa kata kata tersebut dapat menyakiti hati seseorang. Hal ini membuat rasa percaya diri seseorang untuk mempelajari Bahasa Inggris menjadi rendah.

Seorang siswa yang menguasai Bahasa Inggris dengan baik namun dia malu untuk menyampaikannya dikarenakan takut diolok olok oleh teman temannya nanti. Yang juga membuat seseorang enggan untuk belajar Bahasa inggris, padahal mempelajari Bahasa Inggris sangat menguntungkan. Di Indonesia masih banyak masyarakatnya yang memandang sebelah mata terhadap Bahasa Inggris.

Seseorang pernah berkata “Language is the road map of a culture. It tells you where its people come from and where they are going” dia bernama Rita Mae Brown dari perkataan ini memiliki arti, “Bahasa adalah peta jalan dari suatu budaya. Bahasa memberitahu Anda dari mana orang-orang datang dan kemana mereka pergi” . Ketika kamu tinggal di suatu kota sebagai pusatnya pariwisata dan suatu ketika ada turis yang tersesat, maka dengan Bahasa Inggris kamu bisa membantunya untuk menemukan alamat yang tepat. Mempelajari Bahasa Inggris dapat kita sebut dengan magic key atau kunci ajaib. Kunci ajaib inilah yang akan membuat kita mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

Bahasa Inggris turut berperan dalam dunia perkantoran. Dengan Bahasa Inggris dapat meningkatkan nilai atau value saat melamar kerja, yang menjadi peluang besar untuk bekerja dalam suatu perusahaan. Terutama di perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Samsung, Tokopedia, dan Shopee. Tidak hanya di perusahaan besar bahkan saat Anda memiliki toko kelontong kecil pun Bahasa Inggris dapat mempermudahkan kamu saat ada pembeli yang tidak bisa berbahasa daerah Anda atau turis asing. Keterampilan Bahasa Inggris seseorang dapat dilihat melalui nilai TOEFL-nya. Bahasa Inggris juga penting di kalangan bisnis, dengan adanya Bahasa Inggris dapat mempermudah pengusaha untuk berkoordinasi dengan kliennya terutama untuk klien yang berasal dari luar negeri.

Bagi seseorang beradaptasi dengan lingkungan baru tidaklah mudah. Kalau kita mahir dalam Bahasa Inggris itu akan memudahkan diri untuk bergaul dengan orang lain. Saat pindah sekolah keluar kota atau luar negeri kita akan mendapatkan teman baru dengan mudah, juga dengan adanya teman baru akan membuat wawasan kita bertambah terutama kosakata dalam Bahasa Inggris. Di perkuliahan, Bahasa Inggris banyak digunakan terutama pada kata kata ilmiah. Bagi yang ini mengambil beasiswa keluar negeri diperlukannya nilai TOEFL.

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini menilai kemampuan untuk berbicara dan memahami Bahasa Inggris dengan menganalisis kemampuan Bahasa Inggris dalam hal membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis. Ini semua adalah keterampilan yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan studi akademis dan tes ini digunakan oleh institusi untuk memastikan siswa dapat melanjutkan dan berhasil dalam kursus yang mereka pilih di negara di mana kurikulum yang diajarkan dalam Bahasa Inggris (Study link, 2021).

Saat liburan tiba, dengan Bahasa Inggris perjalanan akan terasa lebih mudah. Terutama bagi yang berlibur keluar negeri, walaupun saat berlibur menggunakan jasa agen tour, tetapi tidak semua pemandu wisata dapat berbicara dengan bahasa negara asal kita dan tidak setiap saat pemandu wisata akan mengikuti kemana kita akan pergi. Seperti saat membeli makanan di pinggir jalan atau swalayan. Terutama bagi yang berlibur sendiri dengan Bahasa Inggris mencari hotel, tempat wisata, tempat makan. mencari jadwal bus atau kereta akan lebih mudah menghemat waktu, dan mempermudah dalam mengatur keuangan agar tidak melebihi batas.

Indonesia memiliki berbagai macam budaya, untuk itu kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan melestarikan budayanya. Saat liburan kita akan bertemu banyak orang dari dalam maupun luar negeri, membuat dapat bisa mengenal banyak budaya dari daerah atau negara asal mereka melalui sebuah percakapan. Dengan menceritakan kebudayaan Indonesia kepada warga negara asing, nantinya orang tersebut akan tertarik untuk melihat bagaimana budaya Indonesia. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk melestarikan budaya namun, juga pada pariwisata di Indonesia yang nantinya akan meningkatkan nilai ekonomi Indonesia.

Di era modern ini gadget sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari hari, terutama smartphone atau bisa disebut dengan ponsel pintar yang hampir dimiliki oleh seluruh manusia yang ada di bumi ini. Merupakan salah satu alat komunikasi, kebanyakan ponsel ini menggunakan Bahasa Inggris dalam sistemnya. Di dalamnya terdapat banyak aplikasi, salah satunya sosial media atau yang dapat disingkat dengan sosmed, seperti Instagram, Tiktok, Whatsapp, dan Twitter.

Tidak hanya sebagai alat komunikasi smartphone, juga dapat digunakan sebagai alat bertukar informasi. Saat ini sudah banyak portal berita online, masyarakat dapat melihat berita terbaru melalui portal online tersebut, tentang kasus Covid-19 yang sedang terjadi, kecelakaan lalu lintas, atau bencana alam. Dengan adanya portal online ini dapat membantu kita untuk menolong sesama dengan cara memberikan sumbangan. Dengan mempelajari Bahasa Inggris kita tidak akan kesulitan untuk mencari dan membaca berita di smartphone.

Di Indonesia pemerintah sudah menyediakan waktu untuk mempelajari bahasa asing khususnya Bahasa Inggris namun, waktu tersebut belum tentu cukup untuk mengembangkan pengetahuan pelajar terhadap Bahasa Inggris. Tetapi sekarang sudah banyak tempat les atau bimbel untuk belajar Bahasa Inggris. Yang bisa didatangi setelah waktu sekolah. Selain itu juga ada les yang bisa diakses dengan gadget melalui aplikasi tertentu. Hal ini dapat membuat waktu kita untuk belajar Bahasa Inggris lebih flexible. Tidak hanya aplikasi les online tetapi, platform media online seperti youtube yang memiliki berbagai kanal, juga bisa mempermudah kita dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk saat ini dan pada masa yang akan datang, jika kita tidak cepat tanggap untuk mempelajarinya, maka hal itu akan menyulitkan kita nantinya. Di dunia ini tidak ada yang mudah namun ketika ada tekad pasti ada jalannya sama halnya dengan belajar Bahasa Inggris ketika. Oleh karena itu jangan pernah menganggap remeh Bahasa Inggris.

Oleh Harelia Dinia Franza

Link Document : PDF

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142