logotype

Profile

Sekolah Darma Bangsa is a “Non-Secular” National Plus School of International insightful in the Lampung Province, conducting Early Education (Kindergarten) Primary Education (elementary school) and Secondary Education (junior high school and high school).

Bolder Theme, for your corporate site

Vision

Building lifelong learners for the 21st century who are “Smart”, “Dynamic” and “Bright”

Mission

To instill students with knowledge and skills to become creative citizens locally and globally through the dedication of caring and professional staff in an attractive, stimulating, bilingual, learner-centered, and technology-rich school environment.

Bolder Theme, for your corporate site

Curriculum

Conducts Early Education (Kindergarten) using the Montessori Method, Primary Education (elementary school) uses Cambridge and the Indonesian National Curriculum, Secondary Education (junior high school and high school) using Cambridge and the Indonesian National Curriculum. SDB offers ICAS (International Competition and Assessments for Schools) sponsored by the University of North South Wales, Australia.

Bolder Theme, for your corporate site

Facilities

Sekolah Darma Bangsa offers modern air-conditioned classrooms, swimming pool, basketball court, playground, multi-function room, several laboratories, modern ICT labs, and WiFi to provide International academic and non-academic support for students.

Bolder Theme, for your corporate site

Achievements

Sekolah Darma Bangsa students have been universally recognized by the Lampung province, nationally and internationally for academic and non-academic achievements. In our view all SDB students are “WINNERS”.

Bolder Theme, for your corporate site

Kunjungan Lapangan Fasilitator dari Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung dan Pengawas Pembina SMP Dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Bandar Lampung.

 

Sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan Sumber Daya Manusia yang unggul ( kepala sekolah dan guru). Untuk menjadi sekolah penggerak, setiap sekolah haruslah melewati beberapa tahapan mulai dari mengikuti seleksi, Pelatihan Komite Pembelajaran (PKP), dan Program Sekolah Penggerak (PSP). SMP Darma Bangsa menjadi salah satu sekolah yang berhasil menjadi sekolah penggerak dan masuk dalam tahap Program Sekolah Penggerak. Tujuan Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa untuk mengakselerasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

Untuk melihat apakah Sekolah Penggerak berhasil dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, dilakukanlah kunjungan lapangan oleh fasilitator dari BGP dengan bimbingan/ pendampingan pengawas sekolah. Kunjungan lapangan oleh fasilitator Sekolah Penggerak Bapak Drs. Abdul Jalil, M.Pd.I. ke SMP Darma Bangsa dilakukan pada Senin, 16 Oktober 2023.  Kunjungan ini pertama kali dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan SMP Darma Bangsa dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan ini, kepala sekolah memaparkan materi berkaitan dengan praktik baik dalam implementasi kurikulum Merdeka, praktik baik dalam komunitas belajar dalam sekolah,   pengimbasan yang dilakukan ke sekolah lain (bahan materi pengimbasan), bila sudah melakukan pengimbasan, praktik baik dalam perencanaan berbasis data, praktik baik dalam digitalisasi sekolah.

SMP Darma Bangsa sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik. Penerapan Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di semua jenjang dalam proses pembelajaran. Mulai dari berpihak pada murid. Menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi dan berbasis IT (Siswa membuat tugas dengan menggunakan media canva, video, dan PPT). Selain itu, ada beberapa praktik baik yang sudah dilakukan SMP Darma Bangsa dalam implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu 1. Sosialisasi Penpan Kurikulum Merdeka Belajar. 2. Penyusunan program Implementasi Kurikulum Merdeka dalam melakukan proses perjalanan pembelajaran siswa. 3. Menyelenggarakan Kegiatan IHT dan workshop tentang Impelmentasi pembelajaran berdifrensiasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. 4. Pelaksanaan Kegiatan- kegiatan yang mengacu pada implementasi kurikulum merdeka belajar diantaranya adalah Open Class SMP sebagai upaya implementasi kurikulum Merdeka dengan pangawasan dari Pengawas Pembina dari Dinas Kota dan BOP SMP Darma Bangsa. 5. Mengaplikasikan penerapan Kurikulum Merdeka dalam Proses KBM di Kelas dan menjadwalkan untuk evaluasi dan refleksinya. 6. Berupaya dalam menginovasi perencanaan program KBM di kelas.

Dalam proses pembelajaran di SMP Darma Bangsa terlihat sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Guru-guru sudah mulai berkolaborasi membuat Tim Belajar untuk berdiskusi berkaitan dengan kebutuhan belajar murid dan karakteristik murid. Komunitas belajar dalam sekolah sudah terbentuk dan melakukan diskusi secara rutin. Hal ini terbukti dari adanya SK Tim Belajar, daftar tema yang akan didiskusikan dan jadwal diskusi yang dilakukan setiap Jumat minggu ke 3 setiap bulannya. Komunitas yang diberi nama Dynamic Learning Community ini hanya dilakukan di dalam sekolah dan belum diimbaskan ke sekolah lain. Beberapa hal yang menjadi poin penting praktikbaik dalam komunitas belajar di SMP Darma Bangsa adalah 1. Membentuk Tim Komunitas Belajar untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka. 2. Memfasilitasi belajar bersama tentang pengembangan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka. 3. Memfasilitasi diskusi pemecahan masalah sekaligus berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka di SMP Darma Bangsa. 4. Memfasilitasi kolaborasi pengembangan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. 5. Memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat. Komunitas belajar dalam sekolah sudah terbentuk dan melakukan diskusi secara rutin. Hal ini terbukti dari adanya SK Tim Belajar, daftar tema yang akan didiskusikan dan jadwal diskusi yang dilakukan setiap Jumat minggu ke 3 setiap bulannya.

Sekolah Darma Bangsa sudah melakukan praktik baik dalam penerapan Kurikulum Merdeka, hanya saja belum melakukan pengimbasan ke sekolah lain. Pengimbasan pernah dilakukan dalam forum MGMP Matematika. Pengimbasan ke sekolah lain sudah masuk adalam agenda yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 berkaitan dengan penerapan Kurikulum Merdeka dan praktik baik ke sekolah lain. Berikut adalah beberapa dokumentasi kunjungan lapangan Program Sekolah Pengegrak di SMP Darma Bangsa dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

 

 

Share This Content

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

SDB Random Video

2012 -2024  Sekolah Darma Bangsa
Jl. Z.A. Pagar Alam No.93A Rajabasa, Bandar Lampung | Tlp: 0721-700931 | Fax: 0721-771556 | Kode Pos: 35142